Senin, 21 Januari 2013

Mulai dari PEPAYA

          Siapa yang tak tau tentang pepaya? Buah tropis yang sarat dengan vitamin yang tinggi ini. Dari yang mentah sampai yang matang banyak digemari banyak orang. Bisa diolah untuk menjadi sayur, sampai dengan rujak. Itu pengenalan sedikit tentang pepaya. pepaya itu buah yang bervitamin tinggi, dan harganya sangat terjangkau. sebenarnya artikel ini bukan membahas pepaya. kalau tentang khasiat sudah banyak yang telah meninformasikan mulai dari buku kesehatan sampai status facebook. Kali ini saya akan memberikan tips penghijauan yang dimulai dari pepaya.

         Jadi gini sobat hijau, kita lakukan penghijauan di skala kecil dan yang mudah dahulu sebelum yang besar. Langkah pertama itu kita beli buah pepaya utuh yang masih ada bijinya. kemudian kupas pepayanya dan dibelah dua, yang sebagian dipotong kecil-kecil dan letakan dipiring. Yang sebagian lagi ada baiknya kita jus. Hehehe.. lumayan seger buat siang-siang pas liburan.
         Sebenarnya yang kita butuhkan itu biji dari buah pepaya yang menjadi jus tadi. Ketika mengupas buah pepuaya, biji buahnya jangan dibuang, tapi dipisahkan, sebab itu akan kita gunakan untuk menyelamatkan dunia ini. 
         Selanjutnya cari barang bekas untuk wadah pembibitan pepaya, bisa seperti ember bekas, panci bekas dan lain-lain. Tahap selanjutnya lubangi bawah wadah supaya air tidak menggenang. kemudian isi wadah dengan tanah dan sebaiknya diberi pupuk kandang atau kompos. Selanjutnya taburkan biji pepaya di wadah isi tanah tersebut, siram sesekali dan jangan terlalu banyak. tunggu sampai pepaya-pepaya junior tersebut, memiliki ukuran batang yang cukup untuk dipindahkan ke halaman rumah kita. Kemudian kita tanam bibit pepaya ini disetiap pojok halaman rumah kita.
        Mungin bingung kenapa pepaya? kenapa bukan mangga? kenapa bukan jambu? ada beberapa hal yang saya perhatika kenapa saya menyarankan pepaya, biasanya oang-orang mengeluh dengan halaman yang dipenuhi oleh daun-daun kering dan berkesan tak terurus. Beda dengan pohon pepaya. Daun pepaya tu sedikit dan besar. Dalam seminggu, daun yang gugur itu kurang dari sepuluh helai daun. terus masalah buah, pepaya itu jika tercukupi kebutuhannya maka akan berbuah terus menerus selama setahun. 
      Jadi, modal membeli pepaya tadi akan kembali berkali-kali lipat, selain itu pohon pepaya tak membutuhkan perawatan yang neko-neko hanya butuh siraman air yang cukup.
Selamat mencoba dan terimaksih telah menyelamatkan bumi indah ini.

So Go Green

Tidak ada komentar:

Posting Komentar